Kalla Institute

The Great Depression

Depresi Ekonomi Amerika Serikat pada tahun 1930 atau yang dikenal dengan istilah The Great Depression adalah periode terburuk dalam sejarah ekonomi Amerika Serikat dan menyebar secara global. Ini dimulai pada tahun 1929 dengan jatuhnya pasar saham dan berlanjut selama beberapa tahun. Dalam beberapa tahun pertama, ekonomi Amerika Serikat mengalami kontraksi dan pengangguran meningkat dengan sangat cepat.

Penyebab utama dari Depresi Ekonomi Amerika Serikat adalah kombinasi faktor, termasuk penurunan pengeluaran konsumen, penurunan investasi, dan penurunan perdagangan internasional. Ini disertai dengan kejatuhan harga saham dan properti, yang membuat banyak orang kehilangan kekayaan mereka dan memicu penurunan konsumsi.

Efek dari Depresi Ekonomi Amerika Serikat sangat merugikan, termasuk tingginya tingkat pengangguran, kemiskinan, dan pemutusan hubungan kerja. Banyak bisnis dan perusahaan mengalami kebangkrutan dan menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan mereka. Kondisi ini membuat banyak orang merasa sangat tidak stabil dan khawatir tentang masa depan mereka.

Pemerintah Amerika Serikat berusaha melakukan berbagai hal untuk mengatasi Depresi Ekonomi, termasuk memperkenalkan beberapa program ekonomi yang dikenal sebagai New Deal. New Deal adalah serangkaian program pemerintah Amerika Serikat yang diluncurkan pada tahun 1930-an oleh Presiden Franklin D. Roosevelt untuk memerangi konsekuensi Depresi Ekonomi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian dan mengatasi pengangguran melalui peningkatan pemerintah dalam hal pembangunan infrastruktur dan perlindungan sosial. serangkaian kebijakan dan aksi pemerintah yang diluncurkan pada tahun 1930-an untuk memerangi Depresi Ekonomi dan meningkatkan perekonomian Amerika Serikat. Program ini meliputi:

  1. Penciptaan pekerjaan melalui proyek-proyek pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan bangunan-bangunan publik.
  2. Perlindungan hak-hak buruh dan peningkatan kesejahteraan sosial melalui pembuatan undang-undang seperti Fair Labor Standards Act.
  3. Perlindungan bagi konsumen melalui pembuatan undang-undang perlindungan konsumen seperti Federal Food, Drug, and Cosmetic Act.
  4. Peningkatan akses terhadap perumahan dan pembiayaan melalui Federal Housing Administration.
  5. Reformasi perbankan dan pasar saham melalui Glass-Steagall Act dan Securities Act.

 

Program New Deal mengubah hubungan antara pemerintah dan warga negaranya dan menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perkembangan sistem pemerintahan Amerika Serikat.

Depresi Ekonomi Amerika Serikat pada tahun 1930 memberikan pelajaran yang berharga bagi dunia dan pemerintah. Ini menunjukkan betapa pentingnya diversifikasi dan stabilitas ekonomi dan membantu menciptakan sistem keuangan dan ekonomi yang lebih stabil dan terjamin. Kita harus belajar dari masa lalu dan terus berusaha memperbaiki sistem ekonomi kita agar tidak terulang lagi di masa depan.

 


Penulis :

Yogi Hady Afrizal, S.E., M.Ak., Dosen Bisnis Digital Kalla Institute

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: