Kalla Institute

Program Studi Manajemen Retail Menerima Kunjungan Asesmen Lapangan BAN-PT

Institut Teknologi dan Bisnis Kalla atau Kalla Institut menerima kunjungan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Manajemen Retail dari BAN PT, di Working Space, Office Building lt. 6 Kalla Institute, NIPAH Park, jl. Urip Sumoharjo Makassar, pada Rabu, 02/8/2023.

Asesmen Lapangan dihadiri oleh Dr Mugi Harsono SE MSi dari UNS dan Prof Dr Indrianawati Usman SE MSi, dari Universitas Airlangga dari BAN PT dan dari Kalla Institute hadir diantaranya Syamril ST MPd, yang juga Rektor, Prof Dr Sukardi Weda, yang juga WR 1, Dr Syamsul Rijal SE MSi, yang juga WR 2, para Pimpinan, para Kaprodi, para dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Kalla Institut, Syamril ST MPd, mengatakan bahwa tujuan pendirian institusi ini adalah untuk melahirkan wirausaha muda. Awal mulanya, melakukan benchmarking di sejumlah perguruan tinggi di Jakarta dan Jawa Barat, untuk mengetahui profesionalisme kampus – kampus tersebut, terutama di bidang teknologi dan bisnis, ujarnya. Disamping itu, juga melibatkan sejumlah stakeholder untuk pendirian kampus Kalla Institute. Tujuan pendirian kampus ini adalah untuk menghasilkan profesional dan pengusah, ujarnya.

Institut Teknologi dan Bisnis Kalla merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Akademik dalam multi rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang diarahkan untuk menyiapkan SDM berkualitas, kompeten, dan berdaya saing di bidang teknologi & bisnis, serta memiliki kepekaan terhadap perkembangan lokal, regional, nasional maupun global. Atas dasar peryataan tersebut maka dirumuskan visi, misi, dan tujuan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla sebagai dasar dalam penyusunan pedoman arah dan strategi pengembangan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla. Visi Institut Teknologi dan Bisnis Kalla adalah:

“‘Menjadi Perguruan Tinggi unggul dalam pen mbangan kewirausahaan berbasis teknologi yang inovatif berlandaskan moral agama pada tahun 2034”.

Dari visi di atas yang menjadi kata kunci adalah “unggul”, “inovatif” dan “bermoral agama’”. “Unggul” memiliki arti bahwa segenap sivitas akademika melaksanakan dharma pendidilkan perguruan tinggi yang berkualitas dan kompeten dibidang kewirausahaan dan bisnis. “Inovati/” memiliki arti bahwa segenap sivitas akademika ITB Kalla dalam melakukan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengedepankan penggunaan inovasi teknologi tepat guna dalam bisnis sebagai upaya menjawab tantangan perubahan dunia industri yang sangat cepat dan kebutuhan inovasi yang sangat tinggi dimasyarakat. “Bermoral Agama” yang dimaksud adalah segenap sivitas akademika senantiasa optimis dan mematuhi ketentuan Yang Maha Kuasa, kesesuaian pikiran dan perbuatan dengan amanah.”

Dr Mugi Harsono dalam sambutannya mengatakan tugas kami memberikan potret yang senyatanya yang ada di Kalla Institute, khususnya Program Studi Manajemen Retail. Kedua membantu untuk mencerahkan foto-foto yang buram, karena sekarang kita berada di era persaingan. Mengalir saja seperti air yang mengalir, tidak perlu dag dig dug, ujarnya.

Asesor 1, mengatakan bahwa kedatangan kami adalah untuk memotret sesuai warna aslinya. Pada hari ini, kita mendapatkan fakta-fakta baru untuk mendapatkan informasi tambahan, ujarnya.

Program Studi Manajemen Retail adalah salah satu program studi yang berada di dalam Institut Teknologi dan Bisnis Kalla yang dipimpin ole seorang Rektor dan 2 (orang) wakil rektor yaitu Wakil Rektor 1 membawahi bidang akademik dan kemahasiswaan, sedangkan Wakil Rektor 2 membawahi bidang Keuangan, Administrasi dan Sarana Prasarana. Institut Teknologi dan Bisnis Kalla dan Program Studi Manajemen Retail didirikan pada tanggal 05 Juli 2019 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 518/KPT/I/2019 tentang Izin Pendirian Institut Teknologi dan Bisnis Kalla.

Program Studi Manajemen Retail membuat laporan evaluasi diri ini sebagai upaya mengumpulkan serta melakukan analisis data dan informasi yang dijadikan dasar pengelolaan dan mengembangkan Program Studi Manajemen Retail secara berkelanjutan. Terdapat 9 (sembilan) kriteria yang diuraikan yaitu: Visi, misi, tujuan dan strategi; Tata pamong, tata kelola dan kerja sama; Mahasiswa; Sumber daya manusia; Keuangan dan sarana prasarana;

Berdasarkan uraian 9 kriteria yang ada dapat disimpulkan bahwa Program Studi Manajemen Retail mash berproses untuk mencapai apa yang menjadi visi yang ingin dicapai ole Program Studi yaitu “Menjadi Program Studi yang diakui secara nasional, melahirkan pengusaha retail dan profesional dalam bidang retail yang unggul, inovatif dan berlandaskan moral agama pada tahun 2034”.

Program Studi Manajemen Retail melakukan identifikasi terhadap akar permasalahan dan tindakan perbaikan dan peningkatan seperti apa yang dapat diambil. Melakukan identifikasi akar permasalahan secara internal dan eksternal. Secara makro aspek ekonomi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peranan besar terhadap kinerja Program Studi Manajemen Retail. Sedangkan untuk mikro SDM dan Mitra & aliansi memiliki kontribusi yang paling penting. Target pengembangan karir dosen melalui peningkatan jabatan fungsional dosen seta dorongan untuk para dosen melanjutkan pendidikan S3 menjadi upaya perbaikan untuk mencapai visi jangka panjang Institut Teknologi dan Bisnis Kalla dan Program Studi Manajemen Retail.

Institut Teknologi dan Bisnis Kalla dan Program Studi Manajemen Retail secara umum telah menjalankan siklus PPEPP yang menyebabkan terjadinya peningkatan dan perbaikan selama 3 tahun kebelakang. Prinsip perbaikan berkelanjutan yang sebagaimana diharapkan dalam SPMI menerapkan dan menjalankan semua standar yang ditetapkan ole SN-Dikti.

Pelampauan terhadap SN-Dikti juga dilakukan tidak hanya dari segi kuantitas, namun juga dari segi kualitas juga dilakukan ole Institut Teknologi dan Bisnis Kalla dan Program Studi Manajemen Retail.

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: