Kalla Institute

Asesmen Lapangan BAN PT di Kalla Institute

Makassar – Kalla Institute dengan bangga menyambut kedatangan Asesor BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dalam rangka mengadakan asesmen lapangan. Acara itu berlangsung mulai tanggal 18 hingga 20 Juni 2023 di Ruang Work Space, Kampus Kalla Institute, Makassar, Sulawesi Selatan.

Asesmen lapangan, yang merupakan bagian dari proses akreditasi perguruan tinggi bertujuan untuk mengevaluasi komitmen Kalla Institute dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan itu, Kalla Institute berharap dapat memperoleh akreditasi sebagai pengakuan resmi atas kualitas dan mutu pendidikan yang diberikan.

Dalam rangka asesmen lapangan ini, Kalla Institute diberikan kehormatan menerima Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, SSi, SKom, MSc dari Universitas Gunadarma dan Dr. Dra. Indi Djastuti, MSc dari Universitas Diponegoro, yang juga merupakan asesor BAN PT. Ekwan Tunggul Wibowo, seorang staf dari BAN PT, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kehadiran asesor BAN PT itu disambut oleh pimpinan dan stakeholder Kalla Institute, termasuk Ketua Senat, Bakri, SPd, MSi, PhD, Rektor Syamril, ST, MPd, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Sukardi Weda, serta Wakil Rektor bidang Umum, Administrasi dan Keuangan, Dr. Syamsul Rijal, MSi. Selain itu, para dosen, mahasiswa, dan pihak-pihak terkait juga turut hadir dalam acara ini sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Kalla Institute.

Rektor Kalla Institute, Syamril, ST, MPd, dalam sambutannya pada pembukaan asesmen lapangan ini, menjelaskan tentang latar belakang dan tujuan berdirinya Kalla Institute.

“Kalla Institute, yang didirikan pada 9 Juli 2019, telah menyelenggarakan empat program studi unggulan, yaitu Program Studi Kewirausahaan, Manajemen Retail, Bisnis Digital, dan Sistem Informasi. Kalla Institute berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BAN PT,” Ucapnya.

Proses asesmen lapangan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan oleh asesor BAN PT bersama pimpinan Kalla Institute ke berbagai area di kampus. Selanjutnya, asesor melakukan konfirmasi terhadap data dan dokumen yang tercatat dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) Kalla Institute. LED ini meliputi sembilan kriteria penilaian, antara lain: visi, misi, tujuan, strategi; tata kelola pamong, tata kelola, dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridarma.

Dalam proses konfirmasi tersebut, terdapat 62 indikator yang diperiksa secara teliti oleh asesor BAN PT. Data dan informasi yang diverifikasi meliputi berbagai aspek, mulai dari kebijakan institusi hingga kinerja dosen dan mahasiswa dalam tridarma perguruan tinggi.

Akreditasi perguruan tinggi memiliki manfaat yang signifikan bagi institusi dan masyarakat. Dengan memperoleh akreditasi, Kalla Institute mendapatkan jaminan bahwa mereka telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN PT. Hal ini memberikan kepastian kepada masyarakat, terutama bagi mahasiswa dan alumni, bahwa ijazah yang diperoleh dari Kalla Institute dapat diakui dan digunakan untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Kalla Institute dan seluruh jajaran pimpinan, dosen, dan mahasiswa berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam upaya ini, Kalla Institute akan memperhatikan hasil dan rekomendasi dari asesmen lapangan ini guna terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas institusi.

Dalam kesempatan ini, Kalla Institute juga mengucapkan terima kasih kepada asesor BAN PT atas kesempatan dan waktu yang telah diberikan dalam melaksanakan asesmen lapangan ini. Semoga hasilnya dapat menjadi pijakan yang kuat dalam memperkuat komitmen Kalla Institute dalam menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.

Info lebih lanjut bisa menghubungi :
Muhammad Aynul Khaliq
Marcom Kalla Institute
Whatsapp : 087726666083
Email : Marcom@kallabs.ac.id
Sosial Media : @Kallainstitute (Instagram)
Pendaftaran PMB : https://register.kallabs.ac.id/
Website Kalla Institute : https://Kallainstitute.ac.id/

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: