Kalla Institute

SHARING IS CARING

Bagi sebagian orang, berkecimpung di dunia pendidikan sebagai seorang dosen mungkin dianggap mudah. Hanya berbekal suara dan ilmu cocoklogi dianggap sudah cukup untuk menyelesaikan tugas mengajar. Ternyata, tidak sesederhana itu. Seorang dosen tidak hanya bertanggungjawab bagi mahasiswa yang diajarnya tetapi juga bertanggungjawab atas kemajuan masyarakat sekitar. Atas dasar inilah, muncul istilah TRIDHARMA yang menjadi piramida kewajiban seorang dosen, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Kewajiban Tridharma ini sudah seperti ‘tugas rutin’yang terus dipenuhi sepanjang hari, bulan, semester hingga tahun demi tahun dalam menjalani kehidupan sebagai dosen. 

Salah satu kegiatan tridharma yang baru saja kami laksanakan adalah pengabdian kepada masyarakat (PkM) untuk kabupaten Pangkep. Dua program studi di Kalla Institute bekerja sama dalam pelaksanaan PkM ini. Kami sudah merancang akan membawakan pelatihan bagi pelaku UMKM  yang tergolong milenial untuk mencoba lebih dalam pemanfaatan digital. Sayangnya, dari 4000-an lebih UMKM yang terdaftar, hanya sekitar 20 orang peserta yang menghadiri pelatihan ini. Itupun, yang merupakan pelaku UMKM hanya sekitar 10 orang, sementara yang lainnya adalah mahasiswa yang kebetulan magang ditempat kami melaksanakan kegiatan. Tetapi, mereka inilah yang kami sebut sebagai pemburu ilmu.

Pelatihan kami rancang untuk durasi 2 (dua) hari yang dimulai pada tanggal 17 dan 18 Juli 2023. Selama 2 hari penuh, kami membawakan materi yang memotivasi mereka untuk naik kelas menjadi wirausahawan yang Go Digital. Mulai dari alasan mengapa mereka harus terjun ke dunia digital, hingga kemampuan teknis seperti foto produk, membuat content pillar dan menulis copywriting yang baik dan benar. Syukurnya, antusiasme peserta sangat besar. Begitupun dengan pihak Kabupaten Pangkep. Para peserta dengan aktif melaksanakan praktek yang kami ajarkan dan tidak segan bertanya. Senang rasanya melihat semangat peserta untuk menerima materi yang kami bawakan. 

Kegiatan PkM yang kami laksanakan di Pangkep tadinya menjadi kewajiban untuk pemenuhan tridharma, namun, menurut kami lebih dari itu. Kegiatan ini menjadi pembuka kegiatan pengabdian selanjutnya untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Pangkep lebih mandiri dan unggul terutama dibidang kewirausahaan dan teknologi. Ini juga menjadi salah satu implementasi realisasi visi misi kampus Kalla Institute.

 

Penulis:

Andi Jamiati Paramita, S.T., MT., Dosen Sistem Informasi Kalla Institute

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: