Kalla Institute

UX DARI SUDUT PANDANG STARTUP UNICORN

Pengalaman pengguna atau user experience menjadi hal yang krusial dalam sebuah produk digital (aplikasi). Kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi tertentu akan menjadi penentu apakah pengguna akan menggunakan kembali aplikasi tersebut atau akan mencari aplikasi serupa yang dari pengembang lain.

Bagi para startup unicorn di Indonesia, User Experience menjadi data landasan utama bagi perusahaan untuk menentukan penambahan performa produk selanjutnya. Contohnya, pada Gojek dan Tokopedia, saking pentingnya keberadaan User Experience, kedua startup ternama itu membentuk divisi khusus bidang UX yang bertugas mulai dari menghimpun keresahan customer hingga merancang tampilan pengguna pada aplikasi mereka.

Gojek sendiri percaya bahwa produk mereka tidak hanya perlu memberikan manfaat atau fungsi yang dibutuhkan tetapi juga perlu membentuk keterikatan emosional antara produk dan pengguna. Namun, dengan hadirnya beragam fitur yang dimilikinya, Gojek yang membentuk divisi UI/UX memiliki tantangan yang besar seperti ritme kerja yang harus dinamis dan kesesuaian tampilan dengan pengguna sesuai fitur utama yang disiapkan.

Tantangan terberat dari tim UI/UX Gojek adalah merancang tampilan antar muka untuk para driver yang belum familiar dengan penggunaan smartphone. Tampilan yang sederhana dan mudah dipahami menjadi tujuan dari tim UI/UX Gojek untuk menghadirkan antarmuka yang memudahkan para driver.

“Because if they can’t use it, they won’t” -Gojek

Sama halnya dengan Tokopedia yang menjadikan UX menjadi divisi sendiri yang bernama Product Design banyak mengalami perubahan terutama setelah masa pandemi. Dikala banyaknya perubahan yang terjadi, tim riset UX Tokopedia mengubah pendekatan untuk mengumpulkan data research untuk rancangan antar muka aplikasi Tokopedia.

Namun, hal terpenting bagi Tokopedia adalah adaptasi terhadap kondisi. Misalnya saat pandemi, minat traveling mulai menurun sehingga tim User Experience fokus pada edukasi protokol kesehatan dan tips trik di kala pandemic. Meskipun demikian, hadangan terbesar tim riset UX Tokopedia saat pandemik adalah larangan interaksi langsung kepada customer dalam melakukan riset. Metode remote research menjadi salah satu metode yang diandalkan untuk berinteraksi dengan pengguna aktif. Tim UX Tokopedia menempatkan kemudahan dan atensi pengguna selama pelaksanaan riset.

 

Penulis:

Andi Jamiati Paramita, S.T., MT., Dosen Sistem Informasi Kalla Institute

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: