Kalla Institute

MENGUASAI EFFECTIVE LEADERSHIP DENGAN BAIK

Menjadi seorang pemimpin  pasti dituntut untuk mampu menggerakkan dan mengarahkan organisasi yang dipimpinnya dalam meraih kesuksesan yang dimana hal tersebut bukanlah persoalan yang  mudah, untuk meraih kesuksesan diperlukan kemampuan dan strategi khusus untuk merealisasikannya. 

Setiap pemimpin tentunya akan memikirkan teknik agar organisasi yang dipimpinnya tidak hanya jalan ditempat atau malah mengalami penurunan. Itulah kenapa seorang pemimpin harus mampu menjalankan kepemimpinannya dengan efektif.

 

Apabila seorang pemimpin kurang menguasai effective leadership yang baik maka dapat terjadi hal sebagai berikut :

  1. Target menjadi sulit tercapai. Target dalam hal lingkup organisasi bukan hanya menjadi tanggung jawab tim sales, namun target keseluruhan divisi, unit atau tim merupakan target pemimpin selaku leaders dalam sebuah organisasi
  2. Produktivitas serta  kinerja tim jadi menurun karena berbagai issue seperti micromanaging, miss komunikasi dengan tim, dan masih banyak lagi.
  3. Tingkat perputaran karyawan menjadi lebih tinggi. Secara keseluruhan memang benar masa kerja karyawan, khususnya para pekerja muda, memang semakin pendek. Namun masa kerja yang sudah pendek itu bisa menjadi lebih pendek lagi karena masalah leadership dari pemimpin tim yang bersangkutan. 

 

Berdasarkan tiga poin tersebut, dapat kita ketahui bersama penting untuk tidak hanya pemimpin namun juga karyawan lainnya mulai menguasai effective leadership dan mempraktekannya sejak dini. Effective leadership ditambah dengan strategic management yang baik akan sangat membantu kita dalam mencapai target yang diberikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

 

Lalu, seperti apa ciri seorang pemimpin yang menerapkan Effective leadership yang baik dan membawa tim dalam mencapai tujuan organisasi? berikut adalah enam ciri nya 

  1. Memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Hal ini penting untuk mengarahkan tim menuju goals yang sama dan juga untuk mempengaruhi rekan kerja lintas unit agar dapat mendukung tugas yang diemban
  2. Mendorong anggota tim untuk berani mengambil risiko dan berinovasi. Berikan ruang  untuk tim memberikan dan mengimplementasikan ide yang mereka miliki.
  3. Beretika dan berintegritas. Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan respect dan dukungan penuh dari tim yang kita pimpin
  4. Berani bertindak tegas. Hal ini akan membantu tim kita untuk tetap berada di jalur yang benar.
  5. Memiliki resilience alias tangguh dan kuat mental dalam mengatasi tekanan. Ini adalah awal mula untuk membangun tim yang juga tangguh dan bisa diandalkan dalam masa-masa tersulit sekalipun.

 

Penulis:

Aulia Rahmi, S.ST., Staf Biro Adm. Umum dan Kepegawaian

Share Berita:

Pengumuman:

Kalender Event:

Berita & Artikel: