Makassar, 10 Juli 2025 — Kalla Institute terus maju tancap gas menunjukkan komitmennya dalam membekali mahasiswanya dengan keterampilan digital melalui Workshop Digital bertema “Cerdas Digital: Membangun Bisnis & Prestasi Akademik di Era Digital”. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 WITA di ruang Auditorium Kalla Institute Lt.6 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Kalla Institute dari berbagai program studi.
Kegiatan ini diinisiasi oleh Biro Kerjasama dan Pengembangan Mahasiswa serta Alumni (KIPMA) unit Kemahasiswaan dengan penanggung jawab Muhammad Fachrul Salam, S.Kom., MM. Workshop ini menghadirkan narasumber A. Tri Hendra Gunawan, seorang Digital Creator, sekaligus pemilik TriLine Studio, yang sudah kompeten di bidang digitalisasi bisnis dan akademik, dengan tujuan memberikan wawasan serta keterampilan praktis kepada mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi untuk menunjang prestasi akademik sekaligus merintis bisnis.
Fachrul mengatakan “kami ingin mendorong para mahasiswa untuk bisa menyeimbangkan prestasi akademik dalam kampus dengan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan usaha yang sudah mereka rancang atau sedang berjalan saat ini.” Dalam sesi workshop, para peserta diajak untuk memahami pentingnya literasi digital di era modern, strategi membangun personal branding di media sosial, serta memanfaatkan platform digital untuk peluang bisnis. Tak hanya itu, peserta juga diberikan tips dan trik untuk meningkatkan produktivitas akademik melalui aplikasi-aplikasi digital.
Tri mengungkapkan “personal branding merupakah hal krusial untuk menjadi pengingat diri kita ke orang lain dan era digital bukan hanya soal media sosial, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk membangun masa depan yang lebih baik, baik di dunia akademik maupun dunia bisnis.” Seluruh mahasiswa tampak antusias mengikuti setiap sesi yang dikemas secara interaktif.
Muhammad Alfauzan Azzubaidi, mahasiswa dari prodi Bisnis Digital mengatakan “kegiatan ini memberikan saya pemahaman untuk bisa meningkatkan pencarian usaha saya yaitu Digiarena di sosial media, agar bisa lebih baik lagi dalam segi pelayanan dan platformnya.” Kalla Institute selalu mendampingi para mahasiswanya untuk bisa menemukan solusi dari setiap permasalahan yang mereka akan hadipi nantinya, ditunjang oleh tenaga pendidik yang kompeten dan fasilitas yang mempuni.
Harapannya setelah kegiatan ini, mahasiswa Kalla Institute mampu membuat branding produk ataupun diri mereka sendiri untuk bisa dikenal lebih banyak orang dan bisa meningkatkan kemampuan akademiknya secara bersamaan.