Makassar, 6 Februari 2025, Program Studi Bisnis Digital kampus Kalla Institute bekerjasama dengan Telkom University menggelar kolaborasi seminar yang seru dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang cara mengoptimalkan dua platform digital yang sangat penting dalam perkembangan bisnis UMKM, materi seminar kali ini adalah Optimasi Google Maps dan Optimasi Media Sosial.
Seminar kali ini diadakan secara Daring melalui aplikasi Zoom Meeting, dan para pesertanya berasal dari kalangan Dosen, mahasiswa dan masyarakat umum.
Untuk materi pertama Optimasi Google Maps, Dalam sesi ini, peserta akan mempelajari strategi dan teknik terbaru dalam mengoptimalkan keberadaan bisnis di Google Maps, agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui pencarian online, Ini akan membantu meningkatkan kredibilitas dan daya tarik bisnis secara signifikan.
Lalu untuk materi kedua yaitu Optimasi Media Sosial, yang dibawakan oleh Muhammad Fachrul Salam, S.Kom., M.M sekaligus dosen Kalla Institute prodi Bisnis Digital, mengatakan para peserta akan mendapatkan wawasan tentang cara efektif memanfaatkan platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok dan X, untuk membangun hubungan dengan audiens dan memperluas jangkauan pemasaran sekaligus melakukan pemanfaatan AI.
“Kita wajib menentukan target pelanggan, pilih platform yang cocok, sesuaikan dengan algoritma lalu berfokus membuat branding yang mudah di ingat oleh calon customer kita,selain itu hal utama yang harus kita lakukan adalah memanfaatkan tools AI agar memudahkan pekerjaan kita.” Ungkapnya.
Dan menurut Rezty Amalia Aras, S.Pd., M.Eng selaku Ketua prodi Bisnis Digital mengatakan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kolaborasi prodi Bisnis Digital dan prodi Sistem Informasi Tel-U sekaligus realisasi kerjasama kami yang bertema UMKM Go Digital.
“teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Khususnya untuk UMKM sangat penting mengembangkan kemampuan digital dalam meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.” Pungkasnya.
Seminar ini bertujuan untuk memberikan peserta alat dan pengetahuan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam strategi pemasaran digital mereka, membuat traffic lebih tinggi serta bisa meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan berinteraksi dengan narasumber yang berpengalaman di bidangnya.
Kalla Institute sendiri memang sebuah perguruan tinggi yang berfokus untuk mencetak Wirausahawan muda sehingga para mahasiswanya selalu dibekali ilmu dan fasilitas yang mendukung untuk mempermudah Impian mereka nantinya.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kalla Institute dapat mengunjungi website kallainstitute.ac.id ataupun melalui Instagram di @kallainstitute. Dapat pula menghubungi hotline Kalla Care di nomor 04113000103 atau via live chat di whatsapp di nomor 08114414030