Makassar, 18 Juni 2025 – Sesuai dengan tujuan awalnya untuk menciptakan para pengusaha muda berbakat, Inkubator Kalla Institute kembali menggelar kegiatan edukatif yaitu seminar Growthlab: The Incubation Seminar Series, Nurturing Ideas, Growing Ventures.
Acara ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa Kalla Institute yang serius ingin meningkatkan kapasitas kewirausahaan mereka. Berlangsung di ruang Auditorium Hadji Kalla Lt.6 Kalla Institute, acara dilaksanakan pada pukul 10.00 WITA hingga selesai, kali ini menghadirkan 2 pemateri handal serta tiga agenda materi krusial yang esensial bagi startup dan dihadiri oleh puluhan mahasiswa.
Seminar ini merupakan ajang bagi para calon entrepreneur untuk mendalami strategi pengembangan produk yang tidak hanya inovatif tetapi juga market-fit. Sesi pertama secara langsung dibawakan oleh Muhammad Nasrullah Kuddus, selaku pemilik Marewo Bakery, ketua TDA kampus. Nasrullah menjelaskan bagaimana mengidentifikasi kebutuhan pasar, merancang solusi yang tepat sasaran, hingga menyempurnakan produk agar diterima oleh konsumen. “Beberapa poin pentingnya adalah melakukan riset kebutuhan pasar, memberikan value terhadap produk dan membuat sebuah validasi yang asli dari konsumen ke produk kita,” ujarnya.
Tak kalah penting, sesi kedua dibawakan oleh Miftahul Khaer Rifaldi, selaku pemilik Dorayakimo, dengan tema berfokus pada teknik Validasi Pasar. Para peserta diajak memahami metode riset yang efektif untuk menguji asumsi bisnis, mengukur minat pasar, dan meminimalkan risiko sebelum meluncurkan produk atau layanan. “Validasi pasar adalah langkah krusial untuk memastikan ide kita punya potensi nyata di pasaran, dengan validasi ini apakah memang produk kita ini dibutuhkan pasar atau tidak dan yang paling penting adalah memberikan produk apa yang dibutuhkan oleh pasar bukan apa yang kita inginkan,” ujarnya.
Puncak dari seminar ini adalah sesi pembekalan langsung dari lapangan, di mana para peserta mendapatkan pandangan mendalam dari para praktisi dan pengusaha sukses. Mereka berbagi pengalaman nyata, tantangan yang dihadapi, serta strategi jitu untuk menembus pasar dan mengembangkan bisnis. Sesi ini diharapkan mampu memicu inspirasi dan memberikan gambaran realistis tentang dunia startup.
Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur, S.E., M.SC selaku Kepala Inkubator mengatakan “Kami berharap kegiatan ini menjadi momen penting bagi para mahasiswa pengusaha muda untuk memahami proses validasi dan pengembangan bisnisnya, untuk menjadi pondasi utama dalam membangun bisnis berkelanjutan,” ujarnya. Terlebih lagi antusiasme peserta terlihat jelas sepanjang seminar, menandakan tingginya minat mahasiswa untuk berkecimpung di dunia entrepreneurship.
Melalui acara seperti ini, Inkubator Kalla Institute menegaskan komitmennya dalam mencetak generasi entrepreneur muda, mulai membimbing dari awal penciptaan ide bisnis, monitoring perkembangan bisnis, praktek langsung di lapangan, kerjasama dengan para praktisi dan evaluasi secara berkelanjutan.
Dengan ditunjang empat prodi unggulan seperti Manajemen Retail, Bisnis Digital, Kewirausahaan dan Sistem Informasi & Teknologi. Serta dengan lingkungan kampus yang menyediakan fasilitas lengkap, dosen serta tenaga pendidik yang kompeten menjadi nilai khusus bagi mahasiswa.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kalla Institute silahkan berkunjung ke instagram @kallainstitute atau bisa langsung mendaftar ke register.kallainstitute.ac.id.